Minggu, 06 Desember 2009


UPACARA

I. Tekhnik Upacara
1.1  Tekhnik Upacara Pembukaan
  • Semua anggota berdiri tegak dengan pandangan mata menuju ke depan.
  • Pelatih memberikan aba-aba “Sikap Satria”, di ikuti oleh anggota dengan cara mengepalkan ke dua telapak tangan.
  • Pelatih memberikan aba-aba “Sebelum latihan, demi keselamatan dan kelancaran dalam latihan, berdo’a … mulai”, seluruh anggota menundukan kepala dan berdo’a. Adapun do’a yang di baca ialah :
ü      Al-Fatihah 1X
ü      Ayat Kursi 1X
·        Keseluruhan do’a diatas dibaca sambil tahan nafas.
·        Begitu do’a selesai, pelatih memberikan aba-aba “Selesai” dan anggota bersama-sama menghembuskan nafasnya kepada kedua telapak tangan , lalu di usapkan ke muka dan seluruh tubuh dapat di jangkau.
·        Pelatih memberikan aba-aba “Sikap Satria” dan seluruh anggota melakukan SIKAP SATRIA kembali.
·        Pelatih memberikan aba-aba “Pusaka”, di ikuti oleh anggota dengan menepukkan kedua telapak tangan pada kedua paha (samping), lalu diangkat dan kedua telapak tangan di tempelkan di atas kepala (di ikuti pandangan tertuju pada kedua telapak tangan). Lalu secara perlahan kedua telapak tangan diturunkan (telapak tangan masih dalam keadaan merapat satu sama lain) di ikuti pandangan mata.
·        Setelah kedua telapak tangan tepat di depan dada , perlahan-lahan di buka membentuk segitiga hingga mencapai perut.
·        Selama melakukan gerakan di atas bacalah Do’a di atas masing-masing 1X sambil tahan nafas. Begitu telapak tangan membentuk segitiga dengan sempurna (tepat di perut) hembuskan nafas sembari mengucap “Allahu”.
·        Lalu pelatih memberikan aba-aba “Sikap Satria” dan di ikuti oleh seluruh anggota dengan kembali pada posisi sikap satria.
·        Komandan / Anggota paling kanan memberikan aba-aba dengan cara menepukkan kedua telapak tangan ke paha kaki (samping) lalu di ikuti oleh seluruh anggota dengan memberikan penghormatan kepada pelatih.
·        Pelatih membalas dengan memberikan sikap hormat kepada seluruh anggota.

0 komentar:

Posting Komentar

Materi Latihan Dasar © 2008. Design by :psprk Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute