Minggu, 06 Desember 2009


Pengesahan Anggota Baru

            Sebelum anggota baru mengikuti latihan resmi yang di selenggarakan oleh Perguruan Silat Pusaka Raga Kencana, para anggota baru/calon pendekar wajib melalui beberapa ujian, karena seluruh anggota di tuntut untuk dapat memperlihatkan kesungguhannya dalam mempelajari tekhnik-tekhnik yang di ajarkan di perguruan. Ujian tersebut mempunyai fungsi untuk menanamkan keberanian anggota baik secara lahir maupun secara bathin. Adapun ujian tersebut meliputi :
1.      Meminum air rebusan teh upet.
-         Maksud dan tujuan :
Memberikan pengertian kepada setiap anggota bahwa dalam menjalani latihan nanti diharapkan jiwa maupun raganya sudah siap bila harus menjalani sesuatu yang terjadi di luar keinginannya dalam latihan.

2.      Memecahkan telur kampung yang sebelumnya telah diisi tenaga dalam oleh Pembimbing/Guru Besar.
-         Maksud dan tujuan :
Memberikan pengertian kepada setiap anggota bahwa orang yang selama ini kita anggap lemah bisa saja berbalik menjadi orang yang sangat kuat, begitu pun sebaliknya orang kuat bisa berbalik menjadi orang yang terlemah.

3.      Tes Kebal dengan jarum Pentul (Sebelumnya badan anggota yang akan di tes diisi terlebih dahulu oleh Pembimbing/Guru Besar).
-         Maksud dan tujuan :
Memberikan pengertian kepada setiap anggota bahwa yang namanya kebal itu bukan berarti bila terkena sabetan, bacokan atau apapun tidak akan merasakan sakit sama sekali.Yang benar adalah rasa sakit tetap akan terasa namun kita tidak akan terluka sedikit pun.

4.      Tes Mental.
-         Maksud dan tujuan :
Memberikan pengertian kepada setiap anggota bahwa mental adalah bekal utama selain fisik. Mental lebih sulit di kuasai dibanding fisik, karena mental ini menjadi penentu kemenangan dalam sebuah pertarungan.

5.      Tausyiah dari Pembimbing/Guru Besar.
-         Maksud dan tujuan :
Memberikan penyegaran, penerangan dan pelurusan niat di dalam mempelajari ilmu beladiri silat, karena di takutkan niat anggota dalam bergabung dan mempelajari tekhnik-tekhnik silat perguruan di salah gunakan untuk sesuatu yang jahat dan bertentangan dengan ajaran murni perguruan dan agama.




0 komentar:

Posting Komentar

Materi Latihan Dasar © 2008. Design by :psprk Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute